Apa Itu Nominal Group Technique? Ini Penjelasan Lengkapnya

Pendahuluan

Image 1

Sebagai seorang profesor di bidang Bisnis di Universitas ternama dan penulis blog profesional yang memahami teknik SEO, saya adalah orang yang tepat untuk membahas mengenai Nominal Group Technique dalam konteks bisnis. Dalam artikel ini, saya akan memberikan penjelasan lengkap mengenai Nominal Group Technique, bagaimana itu penting dipahami, dan manfaat apa yang ada dalam memahami konsep ini.

Definisi Nominal Group Technique

Image 2

Nominal Group Technique (NGT) merupakan metode penilaian dan pengambilan keputusan dalam konteks kelompok. Metode ini memungkinkan setiap anggota kelompok memberikan kontribusi mereka secara individu dan merangsang brainstorming terstruktur. NGT digunakan untuk menghasilkan gagasan, mengidentifikasi masalah, atau membuat keputusan yang efektif dalam kelompok bisnis.

Penjelasan Lengkap

Image 3

Dalam Nominal Group Technique, anggota kelompok secara independen membuat daftar gagasan, pendapat, atau masalah yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Setiap anggota kelompok memberikan kontribusi secara tertulis, sehingga memungkinkan setiap ide dipertimbangkan secara adil. Setelah semua anggota kelompok memberikan kontribusi, ide-ide tersebut diumumkan dan dikelompokkan berdasarkan kesamaan. Diskusi kelompok kemudian terjadi untuk memperdalam pemahaman dan menyelesaikan perbedaan pendapat.

Kenapa Nominal Group Technique Penting Dipahami?

Image 4

Memahami Nominal Group Technique penting karena metodologi ini membantu menjembatani celah antara diskusi individu dan diskusi kelompok dalam konteks bisnis. Dalam diskusi individu, mungkin ada anggota kelompok yang lebih dominan atau ide-ide yang tidak mendapat kesempatan untuk diekspresikan. Dalam diskusi kelompok yang bebas, ide-ide dapat terlewatkan atau terlupakan karena kebisingan atau interupsi yang berlebihan. Dengan menerapkan NGT, semua anggota kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi dan idea yang dihasilkan menjadi lebih terstruktur.

Manfaat Memahami Nominal Group Technique

Image 5

Menggunakan Nominal Group Technique dalam konteks bisnis memiliki beberapa manfaat. Pertama, NGT menghasilkan proses keputusan yang inklusif dan konsisten. Dengan memberikan setiap anggota kelompok kesempatan untuk berpartisipasi dan memberikan masukan, keputusan yang dihasilkan akan mencerminkan pandangan dan gagasan semua anggota kelompok. Kedua, NGT memberikan dukungan visual untuk penyusunan agenda kelompok dan mengelompokkan ide-ide dengan jelas. Ini akan membantu pemimpin kelompok untuk memahami kekhawatiran dan prioritas masing-masing anggota dan menyusun strategi yang tepat.

Kesimpulan

Image 6

Dalam konteks bisnis, Nominal Group Technique adalah metode yang efektif untuk menghasilkan keputusan yang terinformasi dan mencapai kesepakatan kelompok. Dengan memungkinkan setiap anggota kelompok untuk memberikan kontribusi mereka secara independen, NGT memastikan bahwa semua perspektif dihargai dan ide yang dihasilkan dapat dieksplorasi dengan baik. Memahami konsep Nominal Group Technique akan memberikan manfaat yang signifikan dalam memimpin kelompok bisnis dan menghasilkan hasil yang lebih baik.

FAQ tentang Nominal Group Technique

Image 7

Tanya: Apakah NGT hanya dapat digunakan dalam konteks bisnis?

Jawab: Meskipun NGT sering digunakan dalam konteks bisnis, metode ini juga dapat diterapkan dalam konteks lain seperti pendidikan, penelitian, atau kegiatan sosial. NGT adalah alat yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai situasi kelompok.

Tanya: Berapa banyak anggota kelompok yang ideal untuk menerapkan NGT?

Jawab: Tidak ada jumlah anggota kelompok yang tepat untuk menerapkan NGT, tetapi biasanya jumlahnya berkisar antara 5 hingga 15 orang. Jumlah ini memastikan partisipasi dan diskusi yang efektif.

Tanya: Apa langkah-langkah umum untuk menerapkan NGT?

Jawab: Langkah-langkah umum untuk menerapkan NGT adalah sebagai berikut:

  1. Penjelasan topik dan tujuan diskusi kelompok.
  2. Anggota kelompok membuat daftar gagasan secara independen.
  3. Ide-ide diumumkan dan dikelompokkan berdasarkan kesamaan.
  4. Diskusi kelompok untuk memperjelas, menyelesaikan perbedaan, dan memilih ide terbaik.
  5. Pembentukan kesepakatan kelompok dan perencanaan tindakan lebih lanjut.

Tanya: Apakah NGT membutuhkan prosesor komputer khusus atau alat lainnya?

Jawab: NGT tidak membutuhkan prosesor komputer khusus atau alat lainnya. Metode ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana seperti menggunakan kertas, pensil, dan papan tulis. Namun, dalam beberapa kasus, kelompok dapat memanfaatkan teknologi seperti aplikasi khusus atau perangkat lunak kolaboratif untuk memfasilitasi pembuatan dan pengelompokan ide.

Copyright : Blog’s